Minggu pagi 24 Februari 2019, PC IPNU-IPPNU Sidoarjo gelar simposium di Pondok Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi, Krian. Acara yang rutin dilaksanakan tiap periode ini guna meningkatkan kualitas tiap bidang yang menjadi pilar utama di IPNU-IPPNU.

Adapun pilar utama di IPNU-IPPNU yakni bidang organisasi, kaderisasi dan administrasi. Selain itu, simposium yang dihadiri seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Sidoarjo ini sekaligus menyaring aspirasi dari para ketua PAC dalam Forum Pimpinan (Forpim).

“Atas terselenggaranya simposium ini, IPNU-IPPNU se-Sidoarjo, mulai tingkat ranting sampai tingkat cabang, dapat melaksanakan alur organisasi yang sesuai dengan aturan PD PRT & PPOA IPNU-IPPNU.” Ujar Abidul Mursyid, Ketua PC IPNU-IPPNU Sidoarjo.

Ini sekaligus, lanjut Abid, kita bisa meningkatkan kualitas kinerja organisasi. Baik dari bidang keorganisasian, kaderisasi, administrasi serta bidang lain yang terdapat dalam IPNU-IPPNU.

Dalam simposium yang bertemakan Membangun Profesionalitas dan Progresifitas Melalui Konsolidasi Organisasi tersebut, terlihat hadir juga para pembina PC IPNU-IPPNU Sidoarjo dan PW IPNU-IPPNU, serta perwakilan pengasuh dari Ponpes Modern Al-Amanah.

Simposium kali ini juga terdapat beberapa launching modul. Yakni tim kaderisasi launching modul pelaksanaan pengkaderan IPNU-IPPNU se-Sidoarjo. Selain itu, terdapat juga launching modul diklat CBP KPP.

Abidul Mursyid menuturkan, adanya launching modul atau juklak Kaderisasi ala IPNU-IPPNU Sidoarjo ini merupakan hal yang spesial. Sebab modul atau juklak Kaderisasi ini merupakan peraturan kaderisasi yang sesuai aturan pusat dan dipadukan serta disesuaikan dengan kearifan lokal Sidoarjo. Proses Kaderisasi di Sidoarjo, harus lebih baik lagi secara kuantitas dan kualitas. Seluruh tingkatan mampu menyelenggarakan kaderisasi tanpa harus kebingungan lagi dengan alur dan konsep kaderisasi formal. Imbuhnya.

Momentum yang bertepatan dengan Hari Lahir IPNU tersebut, 24 Februari, PC IPNU-IPPNU Sidoarjo sekaligus tasyakuran dan pemotongan tumpeng. Ini dalam rangka Harlah IPNU ke 65.

Dalam kegiatan tersebut, juga terdapat beberapa forum. Yakni forum kaderisasi, organisasi, administrasi, CBP KPP dan Forpim.

Poin hasil forum organisasi yakni, menekankan kader IPNU-IPPNU Sidoarjo lebih taat dan mengikuti PDPRT dan PPOA yang ada. Serta garis koordinasi, mulai tingkatan paling bawah (PR-PAR) sampai PC harus lebih singkron.

Sedangkan poin hasil forum administrasi yakni, tertib administrasi dari PR/PK/PAC/PKPT dengan menerapkan sesuai peraturan administrasi pimpinan pusat.(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here