Seringkali definisi “pelajar” dan “mahasiswa” menjadi bahan yang sering diperdebatkan oleh organisasi kepemudaan, terutama di lingkup perguruan tinggi. Berbagai sudut pandang mendefinisikan kata pelajar dan mahasiswa secara berbeda-beda. Ada yang menyebutnya pelajar adalah setara dengan siswa SD-SMA. Jika mereka salah, mereka masih diingatkan oleh guru. Sedangkan mahasiswa lebih dilepas oleh pengajar karena sudah dianggap dewasa dan memiliki tingkatan teratas dalam kata siswa dengan diimbuhi kata maha.
Sudut pandang lain menyebut kata pelajar adalah kata umum yang memiliki arti orang yang menjalankan aktivitas belajar. Sehingga kata khusus dari pelajar ada sendiri termasuk mahasiswa yang diartikan sebagai pelajar tingkat perguruan tinggi.
Lalu apa hubungannya dengan IPNU IPPNU?
IPNU IPPNU atau singkatan dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama merupakan wadah berhimpun dan berkomunikasi pelajar putra maupun putri yang berideologi Aswaja An Nahdliyah. Akan tetapi, singkatan dari wadah inilah yang seringkali dipermasalahkan antar sesama pemuda. IPNU IPPNU memiliki struktur kepengurusan di tingkat perguruan tinggi, yang biasa disebut dengan PKPT (Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi) yang berisikan para mahasiswa. Namun yang namanya kampus/universitas pasti banyak dijumpai organisasi-organisasi lain. Sehingga PKPT tidak hanya berdiri sendiri sebagai tempat berhimpunnya mahasiswa.
Bahkan arah gerak PKPT sendiri sedikit tidak bebas dengan adanya bermacam-macam organisasi eksternal kampus. Perebutan kader antar sesama organisasi biasa terjadi saat tahun pembelajaran baru. Dalam hal ini, para mahasiswa baru mempunyai banyak pertimbangan untuk bergabung dengan PKPT IPNU IPPNU dikarenakan pikiran mereka sudah menjudge bahwa organisasi IPNU IPNU ini ranahnya “pelajar” bukan “mahasiswa”.
Inilah mengapa para mahasiswa jarang sekali bergabung di IPNU IPPNU yang berada di tingkat perguruan tinggi. Karena dari nama organisasinya sendiri sudah tidak ada embel-embel mahasiswa. Sehingga mereka lebih memilih pada organisasi yang berembel-embel mahasiswa.

Oleh : Siti Khoirotil Ummah

Peserta LAKUT 2020 PC IPNU IPPNU Sidoarjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here